Press Release Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) 33 Tahun 2020

Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (Pimnas) ke-33 resmi dibuka. Upacara pembukaan digelar di Balairung Universitas Gadjah Mada (UGM), dan karena pandemi Covid-19 masih berlangsung diikuti peserta-peserta seluruh Indonesia secara daring.

Dalam sambutannya, Rektor UGM, Prof. Panut Mulyono, memberikan ucapan selamat bagi 625 tim mahasiswa dari 101 perguruan tinggi yang berhasil lolos ke Pimnas, Apalagi, mereka yang lolos ini telah melalui serangkaian proses seleksi.

“Kalian calon pemimpin bangsa yang kreatif dan inovatif, tunjukkanlah kepada para juri kalian pemuda-pemuda yang hebat dan pantas menjadi juara,” kata Panut.

Pimnas sendiri merupakan forum pertemuan ilmiah dan pameran poster ide mahasiswa, yang menjadi puncak pelaksanaan kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). Tahun ini, UGM ditunjuk sebagai tuan rumah Pimnas yang digelar secara daring dan luring.

Ketua Panitia Pimnas ke-33, Prof. Djagal Wiseso Marseno menerangkan, tahun ini tim juri akan melakukan penilaian secara luring dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Sedangkan, peserta-peserta akan mengikuti semua kegiatan secara daring.

“Tahun 2020 merupakan pertama kali Pimnas diadakan dengan format luring dan daring. Meski dalam kondisi pandemi, namun semangat dan semarak Pimnas tidak boleh padam,” ujar Djagal.

Program Kreativitas Mahasiswa sendiri terdiri atas beberapa bidang. PKM Penelitian, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat, PKM Terapan Teknologi, PKM-Karsa Cipta, PKM Gagasan Tertulis, dan PKM Gagasan Futuristik Konstruktif.

Tahun ini, jumlah proposal masuk mencapai 65 ribu, terdiri dari 625 tim dan 101 Perguruan Tinggi di seluruh Indonesia. Ketua Tim Juri Pimnas ke-33, Dr Indwiani Astuti menambahkan, pandemi Covid-19 tidak menyebabkan anak bangsa menjadi kendur, terllihat dari tingginya jumlah proposal yang diunggah perguruan tinggi.

“Ada 5.783 yang didanai untuk pelaksanaannya,” ujar Indwiani. Jumlah proposal PKM yang masuk dari tahun ke tahun mengalami peningkatan. Untuk PKM lima bidang, jumlah proposal naik dari 45.103 pada 2019 menjadi 57.723 pada 2020, dan PKM KT/GFK naik dari 6.606 pada 2019 menjadi 7.063 pada 2020.

Pelaksanaan Pimnas yang berjalan tanggal 25-28 November 2020 berjalan dengan lancar dan meriah, dan dalam penutupan PIMNAS 2020 banyak perguruan tinggi yang mendapatkan penghargaan baik di kelas presentasi maupun poster. Universitas Gadjah Mada mencatatkan nama untuk menjadi juara umum yang ke tiga kali berturut-turut.

Dalam acara penutupan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan memberi pesan “Masa pandemi yang penuh tantangan menjadi laboratorium inovasi serta penguatan mental dan karakter, sudah waktunya kita menghadirkan karya yang akan membantu  Indonesia pada lompatan kemajuan yang kita inginkan, asalkan  kita banyak coba, banyak tanya dan banyak karya dari hal sederhana pasti akan mampu menghasilkan hal yang luar biasa. Kemendikbud mendukung upaya-upaya yang dilakukan mahasiswa, dosen dan Perguruan Tinggi Indonesia untuk menghadirkan hasil karya yang nyata dan bermanfaat. Selamat kepada mahasiswa peserta PIMNAS 2020 teruslah berkarya dan menginspirasi”

Untuk hasil kegiatan PIMNAS ke 33 tahun 2020 terlampir: