Pusat Prestasi Nasional, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Gelar Kompetisi Olahraga Siswa Nasional Tahun 2020

PRESS RELEASE HARI 1

Kompetisi Olahraga Siswa Nasional tingkat Pendidikan Dasar dan Menengah, Senin (17/11) resmi digelar. Ajang Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN) dibuka oleh Direktur Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah Bapak Jumeri. Pada tahun ini KOSN mengambil tema “Melejitkan Talenta dan Prestasi Olahraga di Masa Pandemi”. Bertempat di Hotel Papandayan Bandung, pembukaan secara virtual ini disaksikan oleh para undangan, dan siswa-siswi peserta dari pendidikan jenjang dasar, pendidikan jenjang pertama, pendidikan jenjang menengah dan pendidikan jenjang kejuruan. Dalam sambutannya mengatakan KOSN 2020 merupakan bukti lahirnya terobosan baru di dunia kompetisi olahraga yang digelar secara virtual tanpa menghilangkan makna keolahragaan. “Selamat kepada kalian semua yang selalu terus telah berjuang bersemangat belajar dan membangun eksistensi diri melalui aktifitas-aktifitas yang positif,” ujar Jumeri saat membuka secara resmi KOSN 2020 secara virtual di Bandung.

Jumeri menambahkan agar peserta KOSN 2020 berkompetisi dengan menjunjung kejujuran, sportifitas dan integritas. “Lakukan semuanya dengan ikhlas jangan melakukan sesuatu pekerjaan didasari dengan niat mencari perhatian atau mendapatkan pujian melainkan lakukan dengan niat baik dan ketulusan”, ujar beliau.

Dalam Laporannya, plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Bapak Asep Sukmayadi menyampaikan, pelaksanaan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional tahun 2020 memilih dua cabang olahraga yaitu cabang karate dan pencak silat. Jumlah siswa mendaftar pada seleksi provinsi mencapai 2.628 siswa SD dan SMP serta 5.541 siswa SMA dan SMK. Jumlah ini merupakan jumlah terbesar sepanjang sejarah pelaksanaan KOSN.

Adapun rangkaian pelaksanaan KOSN 2020 terbagi berdasarkan jenjang antara lain, jenjang pendidikan dasar dan pendidikan menengah. Pendidikan dasar yang meliputi SD dan SMP akan digelar pada 2 s.d. 7 Desember 2020, sementara itu jenjang pendidikan menengah yang meliputi SMA dan SMK akan digelar pada 16 s.d. 21 November 2020. Selain itu kegiatan KOSN tingkat nasional juga akan dimeriahkan oleh webinar khusus untuk siswa jenjang pendidikan menengah dengan narasumber Aidil Ar Rasyid yang menjabat sebagai Presiden Federasi Silat Eropa. Pada tahun ini sekolah luar negeri Indonesia juga ikut berkompetisi di ajang KOSN diantaranya sekolah Indonesia luar negeri Arab Saudi, Belanda, Malaysia dan Thailand.

Selanjutnya, Asep Sukmayadi mengatakan KOSN dilaksanakan dengan tujuan antara lain untuk meningkatkan motivasi peserta didik dalam penguasaan bidang olahraga dan memiliki nilai-nilai luhur. “Saling menghormati, saling menghargai keunggulan orang lain, bersahabat, serta sportif,” ungkap Asep Sukmayadi.

Sugeng Riyadi selaku Ketua Tim Pokja Bidang Dikmen menyampaikan harapannya terkait pelaksanaan KOSN pertama yang dilakukan secara daring. Beliau menyebutkan akan bermunculan peserta-peserta terbaik di dua bidang lomba yang terdiri dari hampir 800 peserta. “KOSN di masa pandemi ini kita kembangkan dengan mode virtual jadi semua bidang yang dilombakan kita visual kan. Dua bidang lomba ini sudah dilaksanakan babak penyisihan di tingkat provinsi pada minggu lalu. Mudah-mudahan terpilih peserta-peserta terbaik dari seluruh perlombaan baik dari jenjang SD, SMP, SMA dan SMK se derajat. Alhamdulillah peserta kita sudah hampir 800 siswa di semua jenjang pendidikan dari 34 provinsi. Pada umumnya teknis penilaian pada masing-masing lomba tidak berbeda dengan lomba yang dilakukan secara tatap muka” Ungkap Sugeng.

Selain kegiatan pembukaan, dilaksanakan juga technical meeting internal juri masing-masing cabang olahraga mulai dari penilaian, jadwal dan waktu serta peraturan terkait perlombaan. Tampak wajah antusias juri dalam menyambut ajang KOSN tahun ini dan masing juri kedua bidang lomba mengutarakan siap untuk kompetisi yang akan dilaksanakan pada hari besok tanggal 17 s/d 20 November 2020.


Penulis
Edo Syahputra Jamal

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*