Closing Ceremony dan Pengumuman Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional ke-XXVIII Tahun 2020 Daring

PRESS RELEASE PENUTUPAN KEGIATAN LKSN SMK KE-XXVIII

Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020, Senin (19/10) resmi ditutup oleh Wikan Sakarinto selaku Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi. Pada edisi ke-28 ini gelar juara umum LKS SMK tahun 2020 secara daring kembali direbut oleh Propinsi Jawa Tengah. Dalam pengumuman perlombaan, kegiatan yang digelar secara daring pada tanggal 18 s.d. 23 Oktober 2020 dengan jumlah 42 bidang lomba di dominasi oleh peserta dari Propinsi Jawa Tengah dengan torehan 9 medali emas, 10 medali perak, dan 7 medali perunggu.

Dalam sambutannya, Wikan Sakarinto memberikan apresiasi kepada tim Pusat Prestasi Nasional yang telah sukses menyelenggarakan acara yang dilkakukan secara daring. “Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional telah lancar terselenggara meskipun berada ditengah-tengah pandemi. Dengan banyak tantangan berat di depan, kami memberikan apresiasi kepada Bapak Asep (plt. Pusat Prestasi Nasional) dan tim Puspresnas yang telah bekerja secara luar biasa”.

Wikan Sakarinto mengajak untuk memaknai ajang Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII ini menjadi lebih dari sekadar kompetisi tahunan. LKS merupakan sarana merangkai mimpi, mengasah keterampilan, sekaligus membangun kepercayaan diri, relasi, serta kemandirian.

Pada kesempatan ini, Wikan Sakarinto mengucapkan selamat kepada seluruh peserta yang sejatinya adalah para pemenang dari 42 bidang yang dilombakan. Para peserta merupakan representasi dari 42 bidang keahlian yang dibutuhkan oleh masyarakat, yang berarti para peserta telah berhasil menjawab segenap tantangan melalui kreativitas dan keahlian dalam rangka memerdekakan mimpi dan mewujudkannya menjadi karya yang berdaya guna.

Saya ingin mengucapkan selamat kepada para pemenang dari masing-masing bidang lomba. Sejatinya, adik-adik adalah juara. 42 bidang merepresentasikan 42 bidang keahlian yang dibutuhkan di masyarakat. Artinya, adik-adik telah berhasil menjawab segenap tantangan melalui kreativitas dan keahlian dalam rangka memerdekakan mimpi dan mewujudkannya menjadi karya yang berdaya guna. Tentunya, saya pun mengapresiasi usaha para pendukung yang mengantarkan adik-adik pada tahap ini”.

Dalam harapannya, Wikan Sakarinto berharap kepada peserta untuk lebih terpacu untuk menjadi mandiri. Menjadi juara merupakan suatu hal, banyak hal lain yang bisa dilakukan untuk menciptakan peluang perubahan besar. Perubahan besar ini  akan senantiasa menjiwai para peserta untuk memberikan performa dan karya terbaik, baik di sekolah, di rumah, di tempat kerja, dan di masyarakat. Selain itu, Wikan mengimbau untuk tetap menjaga relasi dan kolaborasi, rekan sekolah, guru, kepala sekolah, keluarga, rekan sejawat bahkan kompetitor lain adalah bagian-bagian penting yang senantiasa saling mendukung untuk maju bersama.

Pada ajang ini juara kedua diraih oleh Provinsi Jawa Timur dengan raihan 9 medali emas, 6 medali perak, dan 4 medali perunggu. Selanjutnya, juara ketiga diraih oleh Provinsi DKI Jakarta dengan perolehan 8 medali emas, 3 medali perak, dan 9 medali perunggu. 

Tidak luput dari apresiasi para pemenang juga diberi penghargaan berupa beasiswa dan hadiah dari berbagai dunia industri dan perguruan tinggi, sampai saat ini total 25 industri dan perguruan tinggi yang sudah memberikan penghargaan kepada para pemenang, jumlah ini masih akan bertambah karena tingginya animo dan perhatian dari mitra usaha untuk memberikan penghargaan kepada para pemenang lomba.

LKS 2020 kali ini melibatkan 34 Ketua Kontingen Propinsi, 812 guru pembimbing, 145 juri atau expert, dan 65 orang panitia. Tentunya keberhasilan penyelenggaraan LKS SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 ini tidak luput dari elemen-elemen Pusat Prestasi Nasional, tim panitia, perusahaan-perusahaan, serta pihak-pihak yang mempunyai andil besar dalam menyukseskan ajang kali ini.

Penulis: Edo Syahputra Jamal

Diterbitkan oleh,
Pusat Prestasi Nasional

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*