Beri Semangat, Kepala Pusat Prestasi Nasional Sapa langsung Peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 Daring Hari Ke-2.

PRESS RELEASE HARI 2 PELAKSANAAN PERLOMBAAN

Kedatangan plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Bapak Asep Sukmayadi pada hari ke-2  ke venue penjurian di Hotel Harris Bandung memberikan kesan tersendiri bagi peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 secara daring. Siswa tampak semangat ketika disapa langsung melalui teleconference. Pada saat jeda lomba pada bidang Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan, salah satu peserta dari Propinsi Sumatera Barat, Propinsi DIY Yogjakarta dan Propinsi Papua merasa senang setelah berkomunikasi langsung dengan plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional, Bapak Asep Sukmayadi.

“halo peserta yang dari Sumatera Barat, Jogja dan Papua,  mohon diaktifkan suara mic nya, kita sedang kedatangan bapak Asep Kepala Pusat Prestasi Nasional” ujar salah satu juri lomba bidang Teknologi Informasi Sistem Administrasi Jaringan. “halo sobat prestasi, adek-adek tanpa bermaksud mengganggu konsentrasi kita menyapa dulu untuk menyemangati dan mendoakan semuanya menjadi juara ya” ujar Bapak Asep memulai teleconference.  

Dalam percakapannya Bapak Asep Sukmayadi menyampaikan selamat bertanding dan mengucapkan terima kasih atas semangatnya untuk tetap kuat di masa pandemi saat ini.  Pujian pun diberikan kepada para peserta karena tetap memberikan kemampuan terbaiknya dalam ajang kompetisi ini. Para siswa yang diajak untuk berdiskusi  merasa sangat senang dan optimis bisa menjuarai kompetisi saat ini. “kualitas internet cukup baik pak, InsyaAllah targetnya juara” ucap peserta lomba yang berasal dari Yogyakarta.

Di hari ke-2 penyelenggaran Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Nasional XXVIII Tahun 2020 secara daring masih dapat dilihat bagaimana masing-masing peserta lomba mengerjakan modul-modul yang akan dinilai oleh dewan juri. Termasuk aura kompetisi yang sangat tinggi walaupun hanya dilakukan secara daring. Di sela-sela perlombaan kunjungan plt. Kepala Pusat Prestasi Nasional yang di dampingi oleh Ketua Tim Pokja Bidang Dikmen Bapak Sugeng Riyadi, Sekretaris Tim Pokja Bidang Dikmen Bapak Sukirno terdapat beberapa hal yang menjadi catatan dalam penyelenggaraan kali ini. Diantaranya adalah ajang ini menjadi ajang kompetisi LKS pertama di dunia yang dilakukan secara daring dengan menyesuaikan adaptasi kebiasaan baru. Kemudian acara ini dapat dijadikan sebagai contoh untuk ajang-ajang lain yang akan menyelenggarakan kompetisi daring/online apalagi pada saat ini kegiatan daring menjadi kegiatan penting untuk tetap menjaga eksistensi siswa SMK di seluruh Indonesia. Kepala Pusat Prestasi Nasional juga menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada kepala Dinas Pendidikan, guru pendamping, orang tua siswa dan siswa karena telah ikut membantu program pemerintah untuk tetap belajar dari rumah.

Apresiasi juga diberikan kepada para juri, expert, dan mitra industri yang sudah bergotong royong untuk adaptasi kegiatan saat ini sehingga siswa SMK yang sudah mempersiapkan kemampuan dan keterampilannya bisa tetap dilayani melalui kompetisi LKS 2020. Perlu diakui pada saat ini memang ada beberapa kendala yang menjadi batu loncatan kita untuk naik level ke level berikutnya sehingga dapat menjadi sebuah pengalaman untuk masa depan nantinya.

Selain mengunjungi bidang lomba, Bapak Asep Sukmayadi juga menyempatkan mengunjungi webinar hari ke-3 dengan tema “Industrial Curiculum Integration” yang bertempat di Lantai M Hotel Harris Bandung. Kegiatan webinar hari ke-3 juga merupakan rangkaian acara dari kegiatan LKS N SMK 2020 yang digelar mulai tanggal 19 s/d 23 Oktober 2020. Kegiatan perlombaan hari ke-2 berakhir pada pukul 17.00 WIB tetapi ada juga beberapa bidang lomba yang berakhir tidak sesuai jadwal karena keterlambatan pelaksanaan pada hari ke-2.

Diterbitkan oleh,
Pusat Prestasi Nasional

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*