Pedoman Teknis Pelaksanaan FLS2N Jenjang SMK Tahun 2020

Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) Jenjang SMK Tahun 2020 merupakan ajang talenta bagi peserta didik SMK di seluruh Indonesia untuk menunjukkan minat dan bakatnya di Bidang Seni. Kegiatan berkesenian menjadi media pengungkapan hati dan ekspresi beragam rasa, karsa, naluri, dan pikiran yang bermuara pada penumbuhan nilai-nilai estetika manusia. Proses kreatif dan daya cipta dalam berkesenian mengungkap kesatupaduan inovasi, ungkapan rasa, emosi yang sangat dalam tentang eksistensi dan esensi kehidupan. Penyelenggaraan FLS2N diharapkan mampu menumbuhkembangkan kreativitas dan inovasi untuk mendukung industri kreatif di Indonesia.

Penyelenggaraan FLS2N merupakan salah satu bentuk implementasi Penguatan Pendidikan Karakter. Melalui kegiatan seni, dapat dikembangkan nilai-nilai karakter sebagai harmonisasi antara olah pikir, olah rasa, olah hati dan olah raga untuk membentuk manusia sejati dan menjadi sarana peningkatan mutu Sekolah Menengah Kejuruan secara menyeluruh dan berkelanjutan. Melalui FLS2N Jenjang SMK diharapkan dapat mengasah karakter peserta didik SMK Indonesia dengan beraneka ragam bahasa, budaya, kesenian yang dilahirkan dan diwariskan para leluhur kita dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote. Melalui kegiatan FLS2N diharpkan dapat dipupuk toleransi, kolaborasi, dan kebersamaan dalam bingkai Peradaban Nusantara yang kaya raya.

Pedoman Teknis Pelaksanaan FLS2N ini disusun untuk memberikan informasi pelaksanaan kegiatan penyelenggaraan FLS2N Jenjang SMK Tahun 2020 secara daring (online) untuk Tingkat Provinsi dan Tingkat Nasional. Semoga buku Pedoman ini dapat menjadi acuan bagi seluruh pihak yang akan berperan dalam penyelenggaraan FLS2N Jenjang SMK. Pada kesempatan ini disampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan aktif dalam menyukseskan penyelenggaraan FLS2N Jenjang tahun 2020. Selamat Berprestasi dari Rumah.